Pages

Labels

Senin, 17 Oktober 2011

Manfaat Mendengarkan Musik

Sobat.
Ingin rasanya dapat menulis blog tiap hari atau update terus tiap hari, menyalurkan isi kepala saya di sela-sela waktu kesibukan saya. Tapi saya akan terus berusaha untuk tetap update blog sebisa mungkin. Karena berbagi ilmu adalah menyenangkan. Pada postingan kali ini saya akan menulis tentang manfaat mendengarkan  musik bagi manusia. Musik adalah salah satu rangkaian nada yang teratur dengan didukung adanya unsur-unsur lain seperti dinamika, tempo, not, kord dan sebagainya. Musik pun juga memiliki aliran yang bermacam-macam seperti rock, jazz, pop, R n B, keroncong dan sebagainya. Namun terlepas dari itu semua, musik dapat didengar oleh siapa saja.

Kalau kita mendengarkan musik, pasti menimbulkan suatu emosi yang sesuai dengan musik yang didengar. Misalkan kalau kita mendengar musik melow, akan terbawa perasaan yang lemibut. Kalau kita mendengarkan musik rock kita akan terbawa dengan perasaan semangat. Karena musik mampu mempengaruhi emosi manusia. Musik juga diciptakan berasal dari perasaan manusia itu sendiri.

Musik ternyata mampu mempengaruhi daya ingat manusia terlebih musik yang didengarkan sesuai sekali dengan perasaan dan pengalamannya di kala itu. Pernah ga kalian sudah lama sekali tidak mendengarkan musik tapi ketika kalian mendengarnya kalian masih ingat lagu yang pernah kalian dengar? Padahal itu sudah lama sekali. Saya yakin Anda masih ingat dengan lagu anak-anak ketika Anda masih kecil. 

Musik itu indah, salah satu estetika dalam hidup manusia. Sebuah keindahan yang masuk melalui telinga kita dan dirasakan oleh hati. Ia terangkai dalam tatanan dan rangkaian nada, harmoni, ekspresi, dinamika, jiwa, pikiran dan emosi penciptanya yang mampu merasuk jiwa

Musik tak hanya enak didengar, namun juga memiliki banyak manfaat apapun jenis musiknya. Manfaatnya adalah :
  1. Musik mampu menenangkan emosi manusia. Bisa digunakan untuk obat dikala stres. Caranya dengarkan musik yang disukai selama beberapa menit. Insya Allah stres akan berkurang.
  2. Musik dapat digunakan sebagai sarana komunikasi. Contohnya marawis biasanya digunakan pada saat ada orang yang sedang hajatan menunjukkan bahwa orang itu sedang hajatan
  3. Musik bisa mempercepat tidur kalau musik yang didengarkan adalah lagu melow.
  4. Musik mampu menambah semangat
  5. Musik membuat kita gembira.
  6. Musik dapat digunakan sebagai acara ibadah.
  7. Musik pun juga dapat meningkatkan perekonomian seseorang. Seperti penyanyi, band, orkes, dan lainnya.
Sebenarnya ada banyak manfaat mendengarkan musik. Tapi saya hanya menyebutkan sampai ketujuh saja. Mungkin kalian mempunyai manfaat mendengarkan musik lainnya selain di atas. Ga ada ruginya mendengarkan musik apalagi memiliki kehlian menciptakan dan bermain alat musik karena bisa menjadi sumber penghasilan. Kembangkan musik kalian.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar