Pages

Labels

Rabu, 05 Oktober 2011

Mengenal Saturnus Si Planet Bercincin










Postingan kali ini agak berbeda dari postingan sebelumnya, kalau yang sebelumnya memposting tentang komedi dan romansa, kali ini akan memposting tentang salah satu planet di tata surya kita yang memiliki cincin indah yang senantiasa mengelilinginya. Dia adalah planet Saturnus. Dulu kita juga pernah mempelajarinya di mata pelajaran IPA (Fisika), namun kami akan mempostingnya lagi untuk menyegarkan ingatan Anda tentang planet ini.

Saturnus berasal dari nama Dewa Pertanian bangsa Yunani. Planet ini merupakan planet kedua terbesar di tata surya kita setelah Yupiter. Sebenarnya selain Saturnus ada pula planet lainnya yang memiliki cincin seperti Uranus, Neptunus. Hanya Saturnus yang memiliki cincin terindah. Cincin tersebut mengembang dan menyempit tiap 15 tahun. Sebagian besar bahan cincin Saturnus terbuat dari batu-batuan yang terlapis es. Terdiri atas ribuan es yang tersusun sehingga terlihat sebagai cincin. Planet ini sangat indah, mampu menarik perhatian para astronom. Susunan atmosfer Saturnus sebagian besar terdiri dari amonia dan metana, ga kebayang seperti apa baunya.

Saturnus juga memiliki keunikan yaitu jika seandainya di luar angkasa terdapat laut, maka Saturnus akan mengambang. Mengapa bisa begitu? Karena massa jenis planet Saturnus kurang dari massa jenis air (fisika dikit, hehehe). Jangan heran planet sebesar itu bisa mengambang di atas air. Oh ya planet ini punya kecepatan royasi yang lebih cepat dari Bumi yaitu sekitar 10 jam, gmana ya rasanya tinggal disana? pasti umur kita cepat bertamba banyak. :)

Saturnus memiliki satelit sebanyak 56 buah. Yang terbesar adalah Titan. Sisanya ada yang berupa hanya seperti bongkahan es raksasa dan tak ada tanda-tanda kehidupan. Struktur planet ini juga terlihat menggembung di sekitar khatulistiwa akibat gaya sentrifugal terus-menerus sehingga menggembung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar